Sabtu, 19 Oktober 2013

SEJARAH GITAR

gPada tulisan ini, saya akan mengulas sedikit tentang sejarah mengenai Gitar. Gitar yang pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di Persia sekitar tahun 1500 SM yag dikenal dengan citar atau sehtar. Selanjutnya, alat musik ini berkembang menjadi berbagai macam gitar yang biasa disebut tanbur. Pada tahun 300 SM, Tanbur Persia mulai dikembangkan oleh bangsa Yunani yang enam abad kemudian dikembangkan oleh bangsa Romawi. Pada tahun 476m, alat musik ini dibwa bangsa romawi ke spanyol dan bermetamorfosis disana. Tiga abad kemudian, bangsa Arab datang dan membawa alat musik gambus yang menyerupai gitar ke Spanyol. Dengan perpaduan alat musik dari Arab dan Romawi tersebut, Spanyol menciptakan alat musik sendiri yang dinamai Vihuela. Alat musik Vihuela menjadi popular di Spanyol dibandingkan dengan alat musik lainnya. Keaslian gitar tak dapat dilihat keantikannya. Beberapa ahli menganggap alat musik ini berasal dari benua Afrika. Dikrenakan disana banyak replica modern dalam berbagai bentuk, yaitu kotak bulat seperti kullit kerang dengan benang sutera. Di sisi ;ain, terdapat ahli yang menemukan alat ini dalam berbentuk kaca di relief-relief batu tua pada zaman Asia tengah dan Asia Kuno. Pendapat lain juga timbul dengan ditemukannya vas-vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Stings diperkirakan sebagai alat pertama yang dianggap sebagai gitar. Gitar adalah salah satu alat musik yang cara kerjanya dengan dipetik oleh jari-jemari tangan ataupun plectrum. Gitar secara tradisional dibuat dar bahan kayu dengan menggunakan baja atau nilon sebagai bahan senarnya. Pada umumnya, senar gitar berjumlah 6 (enam). Kini banyak gitar modern yang bahannya bukan lagi dari kayu, melainkan dari polikarbonat. Gitar sendiri memiliki dua macamnya, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik memiliki lubang pada bagian tengah tubuhnya atau biasa disebut hollow body, telah digunakan selama ribuan tahun lamanya gitar akustik modern sendiri memiliki tiga jenis utama, yaitu: gitar akustik senar nilon, gitar akustik bersenar baja, dan gitar archtop.gitar klasik umumnya dimainkakn sebagai instrument solo yang menggunakan teknik fingerpicking komprehensif. Sedangkan Gitar elektrik merupakan Gitar yang diperkenalkan sekitar tahun 1930-an. Gitar elektrik terkenal atau biasa digunakan pada instrument music bergenre blues, reggae, jazz, metal, rock dan beragai musik pop. Meskipun gitar sudah dapat dimainkan tanpa alat-alat berikut, namun peggunaan alat bantu atau aksesoris dapat membantu dalam pengggunaannya.macam-macam aksesorisnya yaitu: - Strap Gitar, alat ini adalah untuk menggantung gitar pada bahu, agar memudahkan pemain dalam penggunaannya sambil berdiri. - Plektrum, atau yang biasa disebut pick adalah sepotong kecil material keras yang dipegang dengan jempol dan telunjuk tangan yang digunakan untuk memetik senar gitar. Bahan utamanya adalah plastic, namun banyak pula pick yang dibuaut dari tulang, kayu, mauun logam Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Gitar

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen merupan termasuk kedalam masalah perilaku konsumen. Perilaku konsumen adalah keadaan dimana konsumen melakukan proses dalam pemilihan, pertimbangan, pencarian, penggunaan suatu produk berupa barang atau jasa yang di evaluasi demi memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dalam proses pengambilan keputusan oleh konsumen, konsumen akan melewati beberapa tahap atau proses untuk melakukan pembelian. Adapun proses dalam pengambilan keputusan oleh konsumen adalah sebagai berikut: -Pengenalan masalah (problem recognition). Tentunya konsumen akan menghadapi pengenalan masalah dan solusinya adalah membeli suatu produk. Pengenalan maslah disini adalah mengenali kebutuhan yang benar-benar konsumen butuhkan. Karena, tanpa adanya pengenalan masalah, maka konsumen sulit dalam menentukan apa yang akan dibelinya. -Pencarian informasi (information source). Setelah konsumen telah mengelai masalah atau kebutuhannya, maka konsumen akan memulai untuk mencari tahu informasi mengenai suatu produk yang akan dibelinya. Biasanya, konsumen mencari tahu informasi melalu promosi atau iklan, maupun dari pengalaman dan reomendasi konsumen lainnya. -Mengevaluasi alternative (alternative evaluation). Setelah mengetahui informasi-informasi yang dicarinya, konsumen akan mengevaluasi alternative yang ada guna mengatasi permasalahannya. -Keputusan pembelian (purchase decision). Pada tahap ini konsumen akan menentukan pilihannya dalam membuat keputusan setelah melalui tahap-tahap sebelumnya. Namun, waktu penentuan keputusan tidak dapat ditentukan lamanya, karena harus ada pertimbangan lainnya untuk membuat keputusan dalam membeli produk tertentu. -Evaluasi pasca pembelian ( post-purchase evaluation). Tahap ini adalah evaluasi setelah konsumen telah membuat keputusan pembelian. Dalam hal ini, akan terjadi kepuasan atau ketidakpuasan konsumen dalam menggunakan produk yang dipilihnya. Apabila konsumen merasa puas dalam mengkonsumsi barang tersebut, maka konsumen akan menjadi setia dan mengulang atau menggunakan produk tersebut lagi. Namun, apabila konsumen merasa tidak terpuaskan, ia akan mencari alternatif barang lainnya sampai rasa puasnya terpenuhi dalam mengkonsumsi barang tersebut. Seperti yang telah saya sampaikan pada tulisan blog saya yang menyinggung masalah demografi dalam pemasaran. Aspek-aspek demografi sangat berkaitan dalam pengambilan keputusan oleh konsumen. Dimana aspek-aspek demografi adalah : usia, gender, pendapatan, pendidikan, iklim, dan lainnya. Tentunya, sebelum konsumen mengambil keputusan pembelian, konsumen akan memperhatikan aspek-aspek tersebut demi memenuhi kepuasan dalam kebutuhan dan keinginannya. Tulisan ini saya buat dengan menggunakan sumber dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen

Rabu, 02 Oktober 2013

Khasiat Kulit Manggis


Baru-baru ini saya menyaksikan sebuah acara yang bertemakan kesehatan di salah satu stasiun televisi swasta. Diacara tersebut mengulas sedikit tentang kulit manggis yang dianggap sebagian orang sebagai kulit biasa yang tidak bermanfaat. Ternyata kulit manggis memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi dibandingkan buah jeruk dan buah lainnya. Dimana antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Disini, saya ingin membagikan sedikit info mengenai kulit manggis yang saya dapat dari berbagai sumber di internet yang telah saya baca.
Manggis, buah tropis yang cukup terkenal di Indonesia dan telah memiliki banyak penggemar yang suka dengan rasanya yang segar dan nikmat. Manggis biasanya dikonsumsi sebagai buah (dimakan isinya), dibuat sirup, dan inovasi lainnya. Namun tak banyak yang tahu bahwa buah ini memiliki khasiat tinggi, yang telah melalui berbagai penelitian oleh para ahli di dunia. Maka dari itu, manggis sering di sebut sebagai “queen of fruits”. Peneliti telah mengungkapkan bahwa buah manggis memiliki antioksidan yang sangat tinggi, baik untuk kesehatan dan perawatan kulit guna kecantikan. Kandungan antioksidan tertinggi pada buah manggia ialah berada pada kulitnya. Kandungan yang terdapat dalam kulit manggis berguna untuk memperbaiki sel kulit tubuh yang rusak, serta melindungi sel-sel tubuh agar tetap terjaga.
Kulit manggis ini sudah dapat didapatkan dalam bentuk suplemen kapsul yang telah diambil ekstraknya serta dijual bebas di apotek dan beberapa toko kesehatan. Namun, kita juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Dengan langkah awal yaitu mencuci bersih kulit manggis yang selanjutnya dipotong kecil-kecil. Setelah itu, masukkan kulit manggis tersebut kedalam air dan didihkan. Air rebusan kulit manggis yang telah matang/mendidih siap untuk diminum rutin dan rasakan khasiatnya.
Berikut adalah manfaat kulit manggis yang saya kutip dari http://manfaatdaunobat.blogspot.com  :
-      Menjaga sistem kekebalan tubuh
-      Memperbaiki sel-sel tubbuh
-      Menggagalkan kerusakan DNA
-      Menjaga kinerja fungsi kelenjar gondok
-      Membantu menurunkan berat badan
-      Memperbaiki kerusakan syaraf
-      Membantu dalam penyembuhan radang
-      Meringankan wasir
-      Membantu dalam menstabilkan/menurunkan kadar gula dalam darah
-      Membantu dalam penyembuhan luka
-      Sebagai pencegahan resiko penyakit jantung
-      Memperkuat pembuluh darah
-      Menurunkan kolesterol maupun tekanan darah tinggi
-      Berperan dalam menghentikan diare
-      Mampu meringankan atau mencegah penyakit peradangan pencernaan terutama usus besar/kecil
-      Meningkatkan stamina tubuh
-      Berperan untuk mencegah munculnya batu ginjal
-      Meredakan sakit radang sendi
-      Menurunkan demam tubuh/ suhu tinggi pada tubuh
-      Membantu dalam kasus keracunan makanan
-      Mengatasi sesa nafaas
-      Mengurangi migraine/sakit kepala sebelah
-      Menyembuhkan sariawan
-      Dapat mencegah kemandulan pada pria
-      Meringankan susah buang air kecil
-      Meringankan gejala manapause
-      Meringankan terhadap penyakit osteoporosis
-      Mampu meringankan penyakit asma pada anak
-      Memperlambat proses penuaan
-      Dan masih banyak manfaat lainnya dari kulit manggis.

Khasiat Kulit Manggis


Baru-baru ini saya menyaksikan sebuah acara yang bertemakan kesehatan di salah satu stasiun televisi swasta. Diacara tersebut mengulas sedikit tentang kulit manggis yang dianggap sebagian orang sebagai kulit biasa yang tidak bermanfaat. Ternyata kulit manggis memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi dibandingkan buah jeruk dan buah lainnya. Dimana antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Disini, saya ingin membagikan sedikit info mengenai kulit manggis yang saya dapat dari berbagai sumber di internet yang telah saya baca.
Manggis, buah tropis yang cukup terkenal di Indonesia dan telah memiliki banyak penggemar yang suka dengan rasanya yang segar dan nikmat. Manggis biasanya dikonsumsi sebagai buah (dimakan isinya), dibuat sirup, dan inovasi lainnya. Namun tak banyak yang tahu bahwa buah ini memiliki khasiat tinggi, yang telah melalui berbagai penelitian oleh para ahli di dunia. Maka dari itu, manggis sering di sebut sebagai “queen of fruits”. Peneliti telah mengungkapkan bahwa buah manggis memiliki antioksidan yang sangat tinggi, baik untuk kesehatan dan perawatan kulit guna kecantikan. Kandungan antioksidan tertinggi pada buah manggia ialah berada pada kulitnya. Kandungan yang terdapat dalam kulit manggis berguna untuk memperbaiki sel kulit tubuh yang rusak, serta melindungi sel-sel tubuh agar tetap terjaga.
Kulit manggis ini sudah dapat didapatkan dalam bentuk suplemen kapsul yang telah diambil ekstraknya serta dijual bebas di apotek dan beberapa toko kesehatan. Namun, kita juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Dengan langkah awal yaitu mencuci bersih kulit manggis yang selanjutnya dipotong kecil-kecil. Setelah itu, masukkan kulit manggis tersebut kedalam air dan didihkan. Air rebusan kulit manggis yang telah matang/mendidih siap untuk diminum rutin dan rasakan khasiatnya.
Berikut adalah manfaat kulit manggis yang saya kutip dari http://manfaatdaunobat.blogspot.com  :
-      Menjaga sistem kekebalan tubuh
-      Memperbaiki sel-sel tubbuh
-      Menggagalkan kerusakan DNA
-      Menjaga kinerja fungsi kelenjar gondok
-      Membantu menurunkan berat badan
-      Memperbaiki kerusakan syaraf
-      Membantu dalam penyembuhan radang
-      Meringankan wasir
-      Membantu dalam menstabilkan/menurunkan kadar gula dalam darah
-      Membantu dalam penyembuhan luka
-      Sebagai pencegahan resiko penyakit jantung
-      Memperkuat pembuluh darah
-      Menurunkan kolesterol maupun tekanan darah tinggi
-      Berperan dalam menghentikan diare
-      Mampu meringankan atau mencegah penyakit peradangan pencernaan terutama usus besar/kecil
-      Meningkatkan stamina tubuh
-      Berperan untuk mencegah munculnya batu ginjal
-      Meredakan sakit radang sendi
-      Menurunkan demam tubuh/ suhu tinggi pada tubuh
-      Membantu dalam kasus keracunan makanan
-      Mengatasi sesa nafaas
-      Mengurangi migraine/sakit kepala sebelah
-      Menyembuhkan sariawan
-      Dapat mencegah kemandulan pada pria
-      Meringankan susah buang air kecil
-      Meringankan gejala manapause
-      Meringankan terhadap penyakit osteoporosis
-      Mampu meringankan penyakit asma pada anak
-      Memperlambat proses penuaan
-      Dan masih banyak manfaat lainnya dari kulit manggis.

Segmentasi dan Analisis Demografi


SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar ialah kegiatan yang membagi pasar menjadi  beberapa kelompok pembeli/konsumen sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda, karakteristik maupun perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda pula. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

Dasar-dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
Variable Geografi
          Variable tersebut, meliputi: wilayah/lokasi, ukuran daerah, ukuran kota, dan iklim.
Variabel Demografi
Variabel tersebut, meliputi: usia, jenis kelamin, status keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain-lain.
Variabel Psikologis
          Variable tersebut, meliputi: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

Dasar-dasar segmentasi pada pasar industri
Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan
Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, cirri-ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

Berikut merupakan syarat-syarat agar terjadi segmentasi yang efektif:
-      Dapat diukur
-      Dapat dicapai
-      Cukup besar atau cukup
-      Menguntungkan
-      Dapat dibedakan
-      Dapat dilaksanakan

Tingkat Segmentasi
 Pembeli memiliki kebutuhan dan keinginan tersendiri. Setiap pembeli, memiliki potensi menjadi pasar yang terbagi menjadi beberapa bagian. Oleh karena itu, segmentasi pasar dibagi menjadi beberapa tingkatan yamg berbeda, yaitu:
Pemasaran Massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal atau besar-besaran, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
Pemasaran Segmen
Pemasaran dalam bentuk ini menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi dan perilaku pembelian.
Pemasaran Ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-grup didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit.
Pemasaran Mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Manfaat Segmentasi Pasar, yaitu:
-      Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
-      Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikannya anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
-      Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.



ANALISIS DEMOGRAFIS

Analisis demografis adalah klasifikasi dari konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan lain-lain. Inilah beberapa alasan mengapa demografi kerap digunakan dalam segmentasi pasar:
-      Sgmentasi demografi terdiri dari beberapa variabel seperti: usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain-lain, sehingga adapt diketahui kebutuhan atau keinginan konsumen sesuai dengan veriabel tersebut.
-      Demografi memberikan suatu pemahaman/wawasan tentang tren yang sedang terjadi.
-      Meski tidak dapat digunakan untuk menentukan perilaku konsumen, demografi dapat digunakan untuk melihat perubahan permintaan produk terhadap konsumen,

Informasi demografi paling mudah untuk mengetahui target pasar. Sangat banyak informasi atau data yang sudah tersedia dari berbagai sumber.

♦ Usia
Manusia selalu mengalami pertumbuhan setiap harinya. Dengan semakin bertambahnya umur, perubahan postur tubuh, dan pertumbuhan umum pada kebanyakan manusisa lainnya, kebutuhan atau keinginan manusia juga berubah sesuai dengan kebutuhannya saat ini. contohnya saja: pasta gigi. Tentunya pasta gigi memiliki kandungan  yang berbeda sesuai dengan jenis nya. Misalnya saja, pasta gigi untuk anak-anak. Pasta gigi anak berbeda dengan pasta gigi orang dewasa. Pasta gigi anak dikemas dalam berbagai varian rasa, warna dan kemasan yang unik. Ini ditujukan untuk menarik minat anak-anak untuk rajin menjaga kesehatan giginya.
♦ Jenis Kelamin
Kebutuhan setiap manusia memang selalu berbeda. Hal ini menyangkut perbedaan gender dan gaya hidup. Contohnya: sepatu, tas, pakaian, dan lain-lain. Sebut saja, tas jinjing/tas tangan selalu identik dengan wanita. Serta, tas ransel indentik dengan pria. Hal lainnya seperti: perbedaan jenis atau kebutuhan sepatu untuk pria dan wanita.
♦ Pendidikan
Tentunya kebutuhan mahasiswa dengan siswa SD sangatlah berbeda. Mahasiswa sudah memerlukan laptop untuk mengerjakan tugasnya dan memang dituntut untuk memiliki laptop untuk menunjang kelangsungan proses belajar mengajar. Sedangkan siswa SD belum dierlukan untuk memiliki laptop, dikarenakan belum ada tuntutan atau belum terlalu diperlukan.
♦ Pendapatan
Pastinya pendapatan sangat mempengaruhi tingkat kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Meskipun beberapa kebutuhan seseorang sama, namun pendapatan sangat mempengaruhi dalam “loyalitas” belanja.
♦ dan faktor-faktor lainnya.