Sabtu, 19 Oktober 2013

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen merupan termasuk kedalam masalah perilaku konsumen. Perilaku konsumen adalah keadaan dimana konsumen melakukan proses dalam pemilihan, pertimbangan, pencarian, penggunaan suatu produk berupa barang atau jasa yang di evaluasi demi memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dalam proses pengambilan keputusan oleh konsumen, konsumen akan melewati beberapa tahap atau proses untuk melakukan pembelian. Adapun proses dalam pengambilan keputusan oleh konsumen adalah sebagai berikut: -Pengenalan masalah (problem recognition). Tentunya konsumen akan menghadapi pengenalan masalah dan solusinya adalah membeli suatu produk. Pengenalan maslah disini adalah mengenali kebutuhan yang benar-benar konsumen butuhkan. Karena, tanpa adanya pengenalan masalah, maka konsumen sulit dalam menentukan apa yang akan dibelinya. -Pencarian informasi (information source). Setelah konsumen telah mengelai masalah atau kebutuhannya, maka konsumen akan memulai untuk mencari tahu informasi mengenai suatu produk yang akan dibelinya. Biasanya, konsumen mencari tahu informasi melalu promosi atau iklan, maupun dari pengalaman dan reomendasi konsumen lainnya. -Mengevaluasi alternative (alternative evaluation). Setelah mengetahui informasi-informasi yang dicarinya, konsumen akan mengevaluasi alternative yang ada guna mengatasi permasalahannya. -Keputusan pembelian (purchase decision). Pada tahap ini konsumen akan menentukan pilihannya dalam membuat keputusan setelah melalui tahap-tahap sebelumnya. Namun, waktu penentuan keputusan tidak dapat ditentukan lamanya, karena harus ada pertimbangan lainnya untuk membuat keputusan dalam membeli produk tertentu. -Evaluasi pasca pembelian ( post-purchase evaluation). Tahap ini adalah evaluasi setelah konsumen telah membuat keputusan pembelian. Dalam hal ini, akan terjadi kepuasan atau ketidakpuasan konsumen dalam menggunakan produk yang dipilihnya. Apabila konsumen merasa puas dalam mengkonsumsi barang tersebut, maka konsumen akan menjadi setia dan mengulang atau menggunakan produk tersebut lagi. Namun, apabila konsumen merasa tidak terpuaskan, ia akan mencari alternatif barang lainnya sampai rasa puasnya terpenuhi dalam mengkonsumsi barang tersebut. Seperti yang telah saya sampaikan pada tulisan blog saya yang menyinggung masalah demografi dalam pemasaran. Aspek-aspek demografi sangat berkaitan dalam pengambilan keputusan oleh konsumen. Dimana aspek-aspek demografi adalah : usia, gender, pendapatan, pendidikan, iklim, dan lainnya. Tentunya, sebelum konsumen mengambil keputusan pembelian, konsumen akan memperhatikan aspek-aspek tersebut demi memenuhi kepuasan dalam kebutuhan dan keinginannya. Tulisan ini saya buat dengan menggunakan sumber dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar