Rabu, 02 Oktober 2013

Segmentasi dan Analisis Demografi


SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar ialah kegiatan yang membagi pasar menjadi  beberapa kelompok pembeli/konsumen sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda, karakteristik maupun perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda pula. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

Dasar-dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
Variable Geografi
          Variable tersebut, meliputi: wilayah/lokasi, ukuran daerah, ukuran kota, dan iklim.
Variabel Demografi
Variabel tersebut, meliputi: usia, jenis kelamin, status keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain-lain.
Variabel Psikologis
          Variable tersebut, meliputi: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

Dasar-dasar segmentasi pada pasar industri
Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan
Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, cirri-ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

Berikut merupakan syarat-syarat agar terjadi segmentasi yang efektif:
-      Dapat diukur
-      Dapat dicapai
-      Cukup besar atau cukup
-      Menguntungkan
-      Dapat dibedakan
-      Dapat dilaksanakan

Tingkat Segmentasi
 Pembeli memiliki kebutuhan dan keinginan tersendiri. Setiap pembeli, memiliki potensi menjadi pasar yang terbagi menjadi beberapa bagian. Oleh karena itu, segmentasi pasar dibagi menjadi beberapa tingkatan yamg berbeda, yaitu:
Pemasaran Massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal atau besar-besaran, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
Pemasaran Segmen
Pemasaran dalam bentuk ini menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi dan perilaku pembelian.
Pemasaran Ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-grup didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit.
Pemasaran Mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Manfaat Segmentasi Pasar, yaitu:
-      Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
-      Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikannya anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
-      Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.



ANALISIS DEMOGRAFIS

Analisis demografis adalah klasifikasi dari konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan lain-lain. Inilah beberapa alasan mengapa demografi kerap digunakan dalam segmentasi pasar:
-      Sgmentasi demografi terdiri dari beberapa variabel seperti: usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain-lain, sehingga adapt diketahui kebutuhan atau keinginan konsumen sesuai dengan veriabel tersebut.
-      Demografi memberikan suatu pemahaman/wawasan tentang tren yang sedang terjadi.
-      Meski tidak dapat digunakan untuk menentukan perilaku konsumen, demografi dapat digunakan untuk melihat perubahan permintaan produk terhadap konsumen,

Informasi demografi paling mudah untuk mengetahui target pasar. Sangat banyak informasi atau data yang sudah tersedia dari berbagai sumber.

♦ Usia
Manusia selalu mengalami pertumbuhan setiap harinya. Dengan semakin bertambahnya umur, perubahan postur tubuh, dan pertumbuhan umum pada kebanyakan manusisa lainnya, kebutuhan atau keinginan manusia juga berubah sesuai dengan kebutuhannya saat ini. contohnya saja: pasta gigi. Tentunya pasta gigi memiliki kandungan  yang berbeda sesuai dengan jenis nya. Misalnya saja, pasta gigi untuk anak-anak. Pasta gigi anak berbeda dengan pasta gigi orang dewasa. Pasta gigi anak dikemas dalam berbagai varian rasa, warna dan kemasan yang unik. Ini ditujukan untuk menarik minat anak-anak untuk rajin menjaga kesehatan giginya.
♦ Jenis Kelamin
Kebutuhan setiap manusia memang selalu berbeda. Hal ini menyangkut perbedaan gender dan gaya hidup. Contohnya: sepatu, tas, pakaian, dan lain-lain. Sebut saja, tas jinjing/tas tangan selalu identik dengan wanita. Serta, tas ransel indentik dengan pria. Hal lainnya seperti: perbedaan jenis atau kebutuhan sepatu untuk pria dan wanita.
♦ Pendidikan
Tentunya kebutuhan mahasiswa dengan siswa SD sangatlah berbeda. Mahasiswa sudah memerlukan laptop untuk mengerjakan tugasnya dan memang dituntut untuk memiliki laptop untuk menunjang kelangsungan proses belajar mengajar. Sedangkan siswa SD belum dierlukan untuk memiliki laptop, dikarenakan belum ada tuntutan atau belum terlalu diperlukan.
♦ Pendapatan
Pastinya pendapatan sangat mempengaruhi tingkat kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Meskipun beberapa kebutuhan seseorang sama, namun pendapatan sangat mempengaruhi dalam “loyalitas” belanja.
♦ dan faktor-faktor lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar