Senin, 30 Desember 2013

PENGARUH INDIVIDU

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong (1996) keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi dari pembeli. * Faktor Budaya Faktor budaya memberikan pengaruh penting pada perilaku konsumen. Perusahaan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling besar dari keinginan dan perilaku konsumen. • Faktor Sosial Perilaku konsumen juga mampu dipengaruhi oleh faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga serta peranan dan status sosial konsumen. Perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak kelompok kecil. Kelompok yang mempunyai pengaruh langsung. Keluarga dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian. Keluarga adalah organisasi pembelian konsumen yang penting dalam masyarakat. • Faktor Pribadi Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahapan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli. Konsumsi seseorang juga dibentuk oleh tahapan siklus hidup keluarga. Beberapa penelitian terakhir telah mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam siklus hidup psikologis. Orang-orang dewasa biasanya mengalami perubahan atau transformasi tertentu pada saat mereka menjalani hidupnya. Pekerjaan mempengaruhi barang dan jasa yang dibelinya. • Faktor Psikologis Pemilihan barang atau jasa yang dibeli seseorang lebih lanjut dipengaruhi oleh empat faktor psikologis, yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan serta kepercayaan. Motivasi merupakan kebutuhan yang mampu mengarahkan seseorang mencari cara untuk memuaskan kebutuhan tersebut. Persepsi didefinisikan sebagai proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, dengan beranggapan atau mengartikan sebuah informasi untuk menilai sesuatu. • Faktor Marketing Strategy Yaitu dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberikan informasi dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah (1) Barang, (2) Harga, (3) Periklanan dan (4) Distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Sumber: http://suciamaliah.blogspot.com/2011/10/pengaruh-individu-dalam-perilaku.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar