Senin, 30 Desember 2013

PENGARUH KELUARGA. DAN RUMAH TANGGA

Keluarga merupakan kelompok sosial yang terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu. Keluarga memiliki beberapa peranan yang sebagai berikut: •Ayah/suami, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, dan sebagai kepala keluarga. •Istri/ibu, mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan disamping itu juga ibu mampu berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya. •Anak-anak melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial, dan spiritual.(Sumber: Wikipedia) Dalam perilaku konsumen, pemilihan atau pembelian suatu produk atau jasa sangat dipengaruhi atau didasarkan atas nama keluarga. Pemilihan maupun penggunaan atau pembelian suatu produk diputuskan berdasarkan keinginan atau kebiasaan dari suatu keluarga tersebut. Contohnya saja: Ayah merupakan sebagai pencari nafkah dalam keluarga dan ibu adalah salah satu anggota keluarga yang bertugas untuk mengelola keuangan keluarga. Untuk itu, dalam pemilihan atau penggunaan suatu produk atau jasa dipengaruhi oleh peran ayah sebagai pencari nafkah dan ibu sebagai pengelola keuangan. Apabila mereka sudah menentukan pemilihan dalam penggunaan suatu merek produk atau jasa, maka otomatis anak-anak yang merupakan anggota keluarga turut serta memakai merek produk atau jasa tersebut. Dalam melakukan pemilihan suatu merek atau produk, komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam melakukan keputusan pembelian didalam keluarga atau rumah tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar